Sabtu, 16 Juli 2011

PESTA NEGERI PELANGI


Dalam menyambut liburan sekolah, sekurangnya limarustigapuluh anak usia sekolah berkumpul dan bermain bersama di hamparan rumput halaman depan Panti Asuhan Desa Putera (milik KAJ) di Srengseng Sawah, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada hari Minggu, tanggal 3 juli 2011. Keceriaan anak –anak ini dikemas oleh segenap anggota komunitas Sant’ Egidio dalam sebuah acara yang diberi nama: ‘Pesta Negeri Pelangi’.

“Negeri Pelangi melambangkan dunia masa depan, dimana kita berusaha untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan manusiawi, dunia yang lebih bersolidaritas serta dunia yang mencintai bumi, ekologi & alam seisinya”, demikian ujar Yolanda Octavia sebagai ketua panitia Pesta Negeri Pelangi 2011.

Pesta ini didukung oleh kurang lebih seratus duapuluhlima anggota komunitas serta relawan, dengan menyajikan rangkaian stand stand permainan bagi anak-anak dan remaja, yang bercirikan nilai perdamaian, solidaritas, saling menghormati serta perlindungan terhadap alam. Selain itu komunitas Sant’ Egidio juga ingin mengajarkan anak- anak tentang nilai persahabatan dengan sesama, baik itu terhadap yang lebih tua, lebih muda maupun sebaya tanpa mempersoalkan berbagai perbedaan latar belakang, ras dan budaya. Sejurus dengan itu, undangan pun disebar ke berbagai panti asuhan dan sekolah dari berbagai yayasan agama/non agama dari mulai Jakarta hingga Bandung, Rangkasbitung, Serang dan Cibubur.

Anak –anak berbaur gembira menikmati aneka permainan tanpa memperdulikan teriknya sinar mentari pagi hingga siang hari itu, sama seperti mereka pun tak mempersoalkan dari sekolah atau panti asuhan mana mereka berasal. Selain mendapatkan sebuah tas yang berisi kaos, topi serta air mineral, anak- anak mendapatkan berbagai snack serta paket makan siang yang dinikmati bersama dengan seluruh peserta baik pembina, volunteer dan segenap anggota komunitas Sant’ Egidio.

Kehadiran Pastor Francesco Marini SX, Romo Agus Riyanto, MSF (Pastor Kepala Paroki Ratu Rosari Jaga Karsa), Br Tarcisius, BM (direktur PA Desa Putera) serta bruder bruder dari Budi Mulia turut memeriahkan Pesta Negeri Pelangi. (Rosiany T Chandra)

Telah dimuat di majalah HIDUP Nr 29 ( 17 Juli 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar