Kamis, 29 Desember 2011

LIONS CLUB INDONESIA


Lions Club adalah sebuah organisasi non-pemerintah terbesar berskala internasional yang berdiri sejak tahun 1917 di Oak Brook, Illinois, USA. Saat itu sejumlah club independen menanggapi secara positif gagasan Melvin Jones – seorang agen perusahaan asuransi, untuk mempersatukan diri mengabdi pada tugas-tugas kemanusiaan tanpa mempersoalkan politik, agama, kebangsaan dan kepentingan pribadi para anggotanya. Lalu terbentuklah sebuah organisasi, tempat dimana berkumpul orang-orang yang dipersatukan oleh semangat kebersamaan tadi dalam memberi dan berdedikasi untuk menolong sesama. Seiiring dengan berjalannya waktu, Lions Club kini telah berkembang menjadi empatpuluhenamribu club dengan jumlah 1,46 juta anggota yang tersebar di 206 negara di dunia.

Lions Club Indonesia lahir pada tanggal 18 November 1969. Kini, kurang lebih tercatat 5500 anggota dari empat distrik yang terdiri dari sejumlah club-club yang tersebar di banyak kota-kota di Indonesia, termasuk kota Bandung.

AKTIFITAS

Di Bandung terdapat sebelas Lions Club, yang dikoordinir oleh seorang ketua wilayah. Hak otonomi yang diberikan kepada setiap club serta kebijaksanaan untuk mengkonsentrasikan kegiatan pada pengabdian yang benar-benar dibutuhkan masyarakat, menyebabkan masing-masing club mempunyai keunikan sendiri-sendiri dalam bentuk pelayanan bakti sosialnya. Salah satu contoh kegiatan dari Lions Club Bandung Lestari yang saat ini sedang dilaksanakan adalah kepedulian pada kebutaan/penglihatan. Para Lions membaktikan dirinya secara sukarela menjaring anak anak SD (dari sekolah yang kondisinya memprihatinkan) dalam pemeriksaan mata gratis, serta menyediakan kacamatanya sekaligus. Selain itu, beberapa club lain mengkhususkan diri pada pembinaan anak asuh, pemberian gizi berupa makanan tambahan pada balita di beberapa posyandu. Kemudian ada club yang memfasilitasi pengumpulan massa untuk pendonoran darah, ataupun pada penghijauan alam serta pengadaan fasilitas MCK serta saluran air bersih.

Disamping kegiatan rutin tersebut, Lions Club juga tanggap mengulurkan bantuan berupa kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan atas bencana alam yang terjadi, seperti pada saat banjir dan gempa yang melanda Indonesia beberapa waktu yang lalu. Untuk menggalang kebersamaan dari beberapa club yang ada di Bandung, dari waktu ke waktu, diadakan pula kegitan pelayanan bersama berupa operasi bibir sumbing, sunatan massal serta pemberian kaki palsu bagi korban bencana/kecelakaan.

MOTTO LIONS

Aktifitas pelayanan yang dilakukan Lions adalah sesuai dengan yang termakna dalam kata LIONS itu sendiri : L= Liberty, I=Intelligence, O=Our Nation’s, S= Safety, yang artinya adalah Untuk Kebebasan, Kecerdasan dan Keselamatan Bangsa dan Negara kita. Dengan memilih motto ‘We Serve’ atau ‘Kami Mengabdi’, kiranya setiap pribadi Lion menjadikan lambang tersebut sebagai simbol kebanggaan dalam setiap pelayanan yang mereka berikan pada masyarakat.

Pada umumnya setiap orang yang mempunyai semangat pelayanan, baik pria ataupun wanita yang memiliki kepribadian yang baik dan reputasi yang terpuji didalam masyarakat dapat menjadi anggota Lions Club. Namun keanggotaan di dalam Lions Club hanya dapat diperoleh berdasarkan undangan/sponsor dari seorang Lions.

Dana yang diperlukan bagi berbagai kegiatan sosial tersebut, dihimpun dari berbagai kreatifitas acara penggalangan dana yang diselenggarakan masing-masing Lions Club, seperti pertandingan charity golf atau acara hiburan lainnya. Dana yang terkumpul di kas sosial akan disalurkan secara aktif dan bertanggung jawab kepada berbagai proyek demi membangun kepentingan umum dalam peran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan tanpa membedakan latar belakang budaya, suku dan golongan.( Rosiany T Chandra)

3 komentar: