Sabtu, 14 Mei 2011

Yang Ketiga Kalinya!



Senja hari, menjelang malam hari Minggu itu, tampak banyak pastor dan umat datang ke biara Pandu. Sebagian besar dari umat tampak membawa makanan dan masuk ke dalam biara seraya mempersiapkan segala sesuatunya mendampingi seksi Rumah Tangga.

Hari minggu itu, tanggal 3 April 2011, pastor Rob Stigter, OSC merayakan hari jarig nya. Siapa yang menyangka bahwa pastor yang masih berperawakan gesit dan lincah ini telah lama merajut usia, sejak saat ia dilahirkan di Den Haag, 72 tahun yang silam!. Ketika ditanyakan, apa resep awet muda dan awet lincahnya, ia mengatakan ;” Cukup menjaga apa yang dimakan dan setia bergerak dan berolahraga”.

Seperti yang sudah kita ketahui, ia memang senantiasa, mau tak mau, berlatih gerak dengan kehadiran Bruce, anjing biara, yang diasuhnya dengan sepenuh hati. Sejak kehadiran Pastor Rob di paroki, Bruce mendapat kasih sayang yang berlimpah. Mereka seiring dan sejalan dalam menuai kehangatan dalam balutan kebersamaan.

Pastor mengatakan, sepanjang yang ia ketahui, ia telah merayakan dua kali ulang tahunnya di Pandu sejak ia bertugas disini. Namun ada kejutan yang telah disampaikan Ceu Uum, pembantu di biara, kepadanya; bahwasanya ini adalah yang ketiga kalinya ia berulang tahun disini. Bagaimana mungkin? Rupa-rupanya, pada tahun 1965, saat ia masih seorang frater, ia pernah merayakan hari ulang tahunnya di Pandu. Ini diceritakan Ceu Uum ketika ia masih ikut orang tuanya yang telah membantu di biara pada tahun 1969. Tentu ini membawa kenangan tersendiri bagi Pastor Rob.

Dekorasi yang tampak unik di dalam biara adalah sebuah janur yang tergantung dengan asri di sebuah pojok ruangan, berisi ucapan selamat ulang tahun bagi pastor Rob. Ide yang kreatif dari Fr. Mammouth ini mampu menyemarakkan suasana hati Pastor Rob dan tamu tamu yang hadir sepanjang hari itu.

Usai menyanyikan lagu ulang tahun dengan speed yang kian di percepat dan meniup kue ulang tahun, tamu tamu yang hadir mempersatukan hati dalam doa syukur yang dipimpin oleh Romo Heri Kartono, OSC yang secara khusus datang dari Jakarta untuk menghadiri pemakaman Pastor Chris Tukiyat, OSC sekaligus bisa meramaikan perayaan jarig Pastor Rob.

Beberapa konfrater yang hadir adalah : Pst. Harimanto, Pst. Samong, Pst. Bekatmo, Pst. Markus, Pst. Tedjo Bawono, Pst. Blessing, Pst. Rutten dll serta tentunya para Romo dari biara Pandu sendiri.
Umat pun membaur dalam rasa dan kata. Sambil merasai kenikmatan santapan, mereka juga merajut kata –kata dengan penuh kehangatan antar sesama yang hadir disitu.

Gelukkige verjaardag Pastor 

Rosiany T Chandra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar