Rabu, 23 Mei 2012

Menemukan Misteri Adorasi Ekaristi

Kedatangan Pastor Antoine Thomas CSJ di Bandung ( 17-23 Feb 2012) telah mengawali rangkaian berbagai acara dalam menyambut ulang tahun Keuskupan Bandung yang ke 80. Sesuai dengan tema Tahun Ekaristi yang telah dicanangkan, panitia Tahun Ekaristi Keuskupan Bandung 2012 bekerja sama dengan Tim Kapel Adorasi Abadi Pradipa Kumara telah mengundang Pastor Antoine untuk membangkitkan kegairahan umat dalam menghayati misteri penebusan Tuhan dalam Ekaristi.
Adorasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menimba kekuatan rohani dari karya penebusan yang ada dalam Sakramen Ekaristi. Melalui program “ Children Love Play But They Also Love To Pray”, Pastor Antoine mengajak anak-anak sedini mungkin untuk menimba kekuatan kasih dari Ekaristi.
Selama kunjungannya di Bandung, Pastor Antoine mengunjungi beberapa sekolah, diantaranya SD St. Jusuf, SD St Angela, SD St Aloysius dan SD Pandu. Di setiap sekolah, anak anak dibimbing untuk melakukan Jam Suci, yakni adorasi kepada Sakramen Mahakudus dalam bentuk beberapa rangkaian sembah sujud, doa permohonan dan saat hening yang telah dikemas secara sederhana dan di format khusus bagi anak-anak. Pastor Antoine, seorang imam berkebangsaan Perancis menyampaikan pentingnya membawa anak-anak kepada Hati Kudus Yesus. Menurutnya, melalui Adorasi anak-anak dapat merasakan kehadiran Allah di dalam Tabernakel; merasakan apa itu Sakramen Maha Kudus. Pada umumnya anak-anak hanya diceritakan kisah Yesus dan diajak misa tanpa mengerti betul akan kehadiran Allah, sekaligus tanpa merasakan bahwa Allah benar-benar hadir dihadapan mereka.
Selain mengajar anak-anak untuk beradorasi, Pastor Antoine juga memberikan seminar dua hari berturut-turut di gereja Santa Perawan Maria Sapta Kedukaan (20 - 21 Feb). Seminar yang mengambil topik ‘Marilah datang Menyembah Dia’ ini mendapat respons yang antusias, tidak hanya dari umat berbagai paroki di Bandung, namun juga dari para biarawan dan biarawati. Tiket terjual habis dan kapasitas tempat duduk di dalam gereja terisi maksimal.
Dalam seminar ini dipaparkan beberapa pencerahan kepada umat, termasuk di dalamnya bagaimana Pastor Antoine berbagi pengalamannya dalam mendampingi anak-anak, remaja dan keluarga dalam beradorasi. Pastor yang kini menetap di New Zealand ini mempunyai pengalaman bertahun tahun sebelumnya sebagai pastor sekolah yang banyak mendampingi siswa- siawa disekolahnya.
Dikatakannya, perlunya sebuah pendampingan awal sehingga kita semua bisa mengalami “ perjumpaan dengan Yesus” dalam keheningan adorasi Ekaristi yang kita lakukan.” Saya sangat senang datang ke Bandung dan sekaligus merasa kaget dan kagum atas sambutan yang begitu meriah dari anak-anak dan umat disini”, demikian paparnya dalam seminar. Disamping memberikan seminar, Pastor Antoine memimpin beberapa misa konselebrasi di paroki St Laurentius, St Paulus dan Pandu. Usai misa, acara dilanjutkan kemudian dengan Adorasi keluarga, anak-anak dan remaja sesuai jadwal yang telah diumumkan sebelumnya di masing-masing paroki. Bagi yang ingin mengetahuinya lebih lanjut, silakan kunjungi website: childrenofhope.org dan nzstjohn.wordpress.org (Rosiany T Chandra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar