Sabtu, 25 Agustus 2012

Nonton Bareng Soegija di Bandung

Yulvi (23), mahasiswi Fakultas Vikom Universitas Pajajaran Bandung bersama teman-teman kuliahnya ikut antri untuk menonton pemutaran perdana film Soegija di Blitz - Paris Van Java, Bandung. Bersama mereka, serombongan besar umat paroki Santa Perawan Maria Sapta Kedukaan dan St Laurentius , Bandung komplit dengan para gembalanya ikut nonton bareng memadati studio cinema yang berkapasitas 190 tempat duduk tersebut. “Kegiatan nonton bersama ini terutama menjadi sebuah ajang dalam memupuk tali persaudaraan dan keakraban antar umat”, ujar Pastor Agustinus Sudarno, OSC yang berada di tengah-tengah umat parokinya.
Yulvi mengatakan bahwa, ia bersama teman-temannya tergerak untuk menonton film ini, kendati belum mengetahui siapa sosok Soegija ini sebenarnya. “ Sutradara Garin Nugroho menjadi salah satu daya tarik bagi saya, selain setting dari gereja kuno serta pesan nasionalisme dalam suasana kemerdekaan tentu punya daya tarik sendiri”, ujar mahasiswi yang berjilbab ini. Disamping itu biaya produksi yang 12 M ikut membuat ia penasaran.
“ Sayang karakter Soegija yang diperankan aktor Nirwan Dewanto, belum berhasil menampilkan sosok Soegija yang berwatak seperti yang saya baca di bukunya, demikian ujar Anita Lestari usai acara nonton bareng ini. “ Sepertinya sosok Soegija “tertutup” oleh peran Mariyem yang lebih menonjol”, imbuhnya kemudian. Namun Anita mengatakan bahwa, ilustrasi musik dan setting artistik jadoel di film ini sangat bagus.
( Rosiany T Chandra) Telah dimuat di HIDUP Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar